Jumat, 18 Januari 2013

RPP BIOLOGI X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran                   :   Biologi
Kelas/Semester                 :   X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                          :   6,7 dan 8
Alokasi Waktu                    :   3 x 45 menit

Standar Kompetensi       :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar           :  2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Indikator                              :
·         Mengidentifikasi ciri-ciri virus
·         Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan  
·         Mengidentifikasi peran virus bagi manusia  
 

I.  Tujuan Pembelajaran
      Pertemuan 6
·         Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri virus
·         Siswa dapat menjelaskan perbedaan virus , hewan dan tumbuhan
·         Siswa dapat menjelaskan mengapa virus dimasukkan dalam golongan tersendiri
Pertemuan 7
·         Siswa dapat menggambarkan struktur tubuh virus
·         Siswa dapat membuat model virus 3 dimensi
·         Siswa dapat menjelaskan Replikasi virus
       Pertemuan 8
·         Siswa dapat menjelaskan peran virus bagi kehidupan manusia
·         Siswa dapat menjelaskan cara mencegah penyakit yg disebabkan virus

II.  Materi Ajar
       Virus
              Ilmu tentang Virus disebut Virologi. Virus (bahasa latin) = racun. Hampir semua virus dapat menimbulkan penyakit pada organisme lain. Saat ini virus adalah mahluk yang berukuran paling kecil. Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop electron dan lolos dari saringan bakteri (bakteri filter).
                                                                Tubuhnya masih belum dapat disebut sebagai sel, hanya   
                                                                 tersusun dari selubung protein di bagian luar dan asam nukleat  
                                                                 (ARN & ADN) di bagian dalamnya.Berdasarkan asam nukleat  
                                                                  yang terdapat pada virus, kita mengenal virus ADN dan virus   
                                                                  ARN. Virus hanya dapat berkembang biak (bereplikasi) pada 
                                                                  medium yang hidup (embrio, jaringan hewan, jaringan 
                                                                  tumbuhan). Bahan-bahan yang diperlukan untuk membentuk
                                                                  bagian tubuh virus baru, berasal dari sitoplasma sel yang
                                                                  diinfeksi.

BERBAGAI VIRUS YANG MERUGIKAN
1. Pada Bakteri :   Bakteriofage.
2. Pada Tumbuhan : Virus TMV (Tabacco Mozaik Virus) penyebab mozaik pada daun tembakau.
                                  Virus Tungro: penyebab penyakit kerdil pada padi. Penularan virus ini dengan  
                                   perantara wereng coklat dan wereng hijau.
                                  Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) menyerang tanaman jeruk
3. Pada Hewan :    Virus NCD (New Castle Disease) penyebab penyakit tetelo pada ayam dan itik.
4. Pada Manusia :  Virus Hepatitis, penyebab hepatitis (radang hati), yang paling berbahaya adalah virus  
                                Hepatitis B. 
                                Virus Rabies : penyebab rabies
                                Virus Polio :  penyebab polio
                                Virus Variola dan Varicella :  penyebab cacar api dan cacar air
                                Virus HIV: penyebab AIDS
Cara pencegahan penyakit karena virus dilakukan dengan tindakan vaksinasi. Vaksin pertama yang ditemukan oleh manusia adalah vaksin cacar, ditemukan oleh Edward Jenner (1789), sedangkan vaksinasi oral ditemukan oleh Jonas Salk (1952) dalam menanggulangi penyebab polio. Manusia secara alamiah dapat membuat zat anti virus di dalam tubuhnya, yang disebut Interferon, meskipun demikian manusia masih dapat sakit karena infeksi virus, karena kecepatan replikasi virus tidak dapat diimbangi oleh
kecepatan sintesis interferon.





III.  Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6

A.  Kegiatan awal ( 5 menit )
      Apersepsi dan motivasi :  Guru menanyakan Apa penyebab seseorang dapat terserang penyakit  
                                                 influensa dan AIDS ?
B.  Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru menjelaskan tentang virus secara umum
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·         Guru menjelaskan tugas yg akan dikerjakan siswa
·         Siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus
·         Siswa mencari informasi melalui buku atau internet perbedaan antara virus,tumbuhan dan hewan.
·         Siswa mendiskusikan mengapa virus digolongkan dalam kelompok tersendiri
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
·         Guru mengamati dan memberi penilaian
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Guru memberi tugas pada siswa tentang pengelompokkan virus. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
·         Guru menginformasikan materi pelajaran yg akan datang yaitu Struktur tubuh virus dan replikasinya.
Pertemuan 7
A.  Kegiatan awal ( 5 menit )
      Apersepsi dan motivasi :  Guru menggali informasi dari siswa pengetahuannya mengenai materi yg
                                                 telah lalu tentang virus.
B.  Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru menjelaskan struktur tubuh virus
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·         Guru menjelaskan tugas yg akan dikerjakan siswa
·         Siswa menggambarkan struktur tubuh virus
·         Siswa mendiskusikan tentang replikasi virus
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
·         Guru mengamati dan memberi penilaian
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Guru memberi tugas pada siswa membuat model struktur tubuh virus. Tugas dikumpulkan 2 minggu kemudian.
·         Guru menginformasikan materi pelajaran yg akan datang yaitu peran virus bagi kehidupan manusia dan cara mencegah penyakit yg disebabkan oleh virus.
Pertemuan 8
A.  Kegiatan awal ( 5 menit )
      Apersepsi dan motivasi :  Guru menanyakan pada siswa penyakit apa saja yg disebabkan oleh virus.
B.  Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru menjelaskan peranan virus dalam kehidupan
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·         Guru menjelaskan tugas yg akan dikerjakan siswa
·         Siswa mendiskusikan peran virus bagi kehidupan
·         Siswa mencari informasi melalui buku atau internet penyakit yg disebabkan oleh virus, cara menanggulangi dan mencegahnya.
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
·         Guru mengamati dan memberi penilaian



C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Guru memberi tugas pada siswa tentang Peranan virus bagi kehidupan
·         Guru menginformasikan materi pelajaran yg akan datang yaitu Monera
Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi Kreatif  Xa, Viva Pakarindo
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis
·         Buku Biologi kelas X, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
·         Buku Biologi X Grassindo
·         Internet
·         Alam sekitar

Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis
·         Hasil Karya siswa model strukur tubuh virus

Soal
1.  Jelaskan ciri-ciri virus !
2.  Gambarkan struktur tubuh virus !
3.  Jelaskan perbedaan virus, hewan dan tumbuhan!
4.  Bagaimana virus dapat menyebabkan penyakit pada makhluk hidup !
5.  Apa peranan virus dalam kehidupan !                                                                                                           
6.  Bagaimana cara menanggulangi dan mencegah penyakit yg disebabkan oleh virus ?

Lembar Kerja

Carilah informasi tentang penyakit-penyakit yg disebabkan oleh virus kemudian inventarisasikan informasi yg diperoleh dalam tabel dibawah ini !

No
Nama Virus
Bentuk Virus
Penyakit yg disebabkannya
Bagian tubuh yg diserang
Cara penularan
1





2





3





4





5





dst






Penilaian Model Struktur Tubuh Virus

No
Aspek yg  dinilai
Nilai Maksimal
1
2
3
Pemilihan bahan
Kesesuaian bentuk dengan contoh model
Kerapian dan estetika
15
45
40
Jumlah
100



Mengetahui                                                                                                               Pengandonan, Juni  2012
Kepala SMA N 6 OKU                                                                                    Guru Mata Pelajaran,





Wahyu Eko Romadhon, S.Pd,M.M.Pd                                                   Yunis Andriani, S.T.P
NIP. 196612131992011001                                                                    NIP. 197606232005012010          





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   :   Biologi
Kelas/Semester                 :   X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                          :   9, 10 dan 11
Alokasi Waktu                    :   3 X 45 menit

Standar Kompetensi       :  2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar           :   2.2  Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Indikator                              :
·         Menjelaskan pengertian prokariotik
·         Membedakan Eubakteria dan Archeobacteria
·         Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

I.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 9
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian prokariotik
·         Siswa dapat menjelaskan perbedaan ciri-ciri Eubacteria dan Archeobacteria
·         Siswa dapat membedakan struktur tubuh Eubacteria dan Archeobacteria
Pertemuan 10
·         Siswa dapat Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubacteria
·         Siswa dapat memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·         Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk bakteri
Pertemuan 11
·         Siswa dapat menjelaskan macam-macam bakteri
·         Siswa dapat menjelaskan reproduksi bakteri
·         Siswa dapat menjelaskan peranan bakteri bagi kehidupan


II.  Materi Ajar
        Organisme yg tidak memiliki membran inti dan uniseluler disebut organisme prokariotik. Eubacteria dan Archeobacteria merupakan kelompok organisme prokariotik.
Eubacteria berasal dari kata Eu yg artinya sejati dan bacteria  yg artinya bakteri.  Jadi Eubacteria adalah bakteri sejati.
Dari asal kata Bakterion (yunani = batang kecil). Di dalam klasifikasi bakteri digolongkan dalam Divisio Schizomycetes.
CIRI-CIRI UMUM :
 - Tubuh uniseluler (bersel satu)
- Tidak berklorofil (meskipun begitu ada beberapa jenis bakteri yang memilik pigmen seperti klorofil 
   sehingga mampu berfotosintesis dan hidupnya autotrof
- Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan Amitosis)
- Habitat: bakteri hidup dimana-mana (tanah, air, udara, mahluk hidup)
- Satuan ukuran bakteri adalah mikron (10-3)
Gambar arsitektur suatu sel bakteri yang khas :
                                                                Sturuktur tubuh bakteri terdiri dari
                                                                a. Bahan inti (DNA kromosom)               h. Kapsul
                                                                b. Dinding sel                                            i. Flagel       
                                                                c. Membran plasma                                   j. Pili                     
                                                                d. Sitoplasma
                                                                e. Plasmid
                                                                f. Ribosom
                                                                g. Mesosom      

BENTUK-BENTUK BAKTERI
 - Kokus : bentuk bulat, monokokus, diplokokus, streptokokus, stafilokokus, sarkina
 - Basil : bentuk batang, diplobasil, streptobasil
- Spiral : bentuk spiral, spirilium (spiri kasar), spirokaet (spiral halus)
- Vibrio : bentuk koma
ALAT GERAK BAKTERI
Beberapa bakteri mampu bergerak dengan menggunakan bulu cambuk/flagel.Berdasarkan ada tidaknya flagel dan kedudukan flagel tersebut, kita mengenal 5 macam bakteri.
- Atrich : bakteri tidak berflagel. contoh: Escherichia coli
- Monotrich : mempunyai satu flagel salah satu ujungnya. contoh: Vibrio cholera
- Lopotrich : mempunyai lebih dari satu flagel pada salah satu ujungnya. contoh: Rhodospirillum rubrum
- Ampitrich : mempunyai satu atau lebih flagel pada kedua ujungnya. contoh: Pseudomonas aeruginosa
- Peritrich : mempunyai flagel pada seluruh permukaan tubuhnya. contoh: salmonella typhosa
NUTRISI BAKTERI
1. Dengan dasar cara memperoleh makanan, bakteri dapat dibedakan menjadi dua:
    Bakteri heterotrof: bakteri yang tidak dapat mensintesis makanannya sendiri.Kebutuhan makanan
     tergantung dari mahluk lain. Bakteri saprofit dan bakteri parasit tergolong bakteri heterotrof.
2. Bakteri autotrofl bakteri yagn dapat mensistesis makannya sendiri. Dibedakan menjadi dua yaitu (1) 
     bakteri foto autotrof dan (2) bakteri kemoautotrof. Dengan dasar kebutuhan akan oksigen bebas untuk 
     kegiatan respirasi, bakteri dibagi menjadi 2:
- Bakteri aerob: memerlukan O2 bebas untuk kegiatan respirasinya
- Bakteri anaerob : tidak memerlukan O2 bebas untu kegiatan respirasinya.
PERTUMBUHAN BAKTERI
dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1. Temperatur, umumnya bakteri tumbuh baik pada suhu antara 25 - 35 derajat C.
2. Kelmbaban, lingkungan lembab dan tingginya kadar air sangat menguntungkan untuk pertumbuhan
    bakteri
3. Sinar Matahari, sinar ultraviolet yang terkandung dalam sinar matahari dapat mematikan bakteri.
PERANAN BAKTERI BAGI KEHIDUPAN
1. Sebagai Mahluk Pengurai/Saprovor. Bersama-sama dengan jamur, bakteri berperan sebagai pengurai
    mahluk-mahluk yang sudah mati.
2. Penghasil Antibiotik.
    Dari bakteri golongan Actinomycetes (bentuk peralihan antara bakteri dan jamur) dihasilkan bermacam- 
    macam antibiotik. Misalnya: Streptomisin; dari Streptomyces griseus, Kloramfemikol ;dari 
   Streptomyces venezuelae
3. Penghasil Bahan Pangan.
- Asam cuka  dari Acetobacter aceti
- Yoghurt  dari Lactobacillurs bulgaricus
- Sari kelapa/Nata de Coco  dari Acetobacter xylinum
4. Pengikat N2 bebas di udara: Bersimbiosis dengan tanaman Leguminosae (tanaman buah polong)
   - Rhizobium leguminosarum dan R. radicicola. Hidup bebas : - Azotobacter, Rhodospirillum rubrum,  
     Clostridium pasteurianum.
MERUGIKAN MAHLUK LAIN
Bakteri patogen adalah bakteri parasit yang dapat menimbulkan penyakit pada organisme lain.
Pada tumbuhan misalnya: Xanthomonas citri  ; penyebab kanker batang jeruk.
Erwinia trachelphilia ; penyebab penyakit busuk daun labu.
Pada hewan misalnya:
Bacillus antraxis  ; penyebab penyakit anthrax pada hewan ternak.
Actynomyces bovis  ; penyebab penyakit bengkak pada rahang sapi.
Pada manusia misalnya:
Salmonella thyphosa ; penyebab penyakit tifus
Mycobacterium tuberculosis  ; penyebab penyakit TBC
Mycobacterium leprae ; penyebab penyakit lepra
Treponema pallidum ;  penyebab penyakit sifilis
Shigella dysentriae ; penyebab penyakit disentri basiler
Diplococcus pneumoniae ; penyebab penyakit radang paru-paru
Vibrio cholera  ;  penyebab penyakit kolera
III.  Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan-Pengamatan
IV.  Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9
Kegiatan awal (5 menit)
Apersepsi dan motivasi :  Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri.  
Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru menjelaskan tentang bakteri secara umum
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·         Guru menjelaskan tugas yg akan dikerjakan siswa
·         Siswa mendiskusikan tentang ciri-ciri Eubacteria dan Archaebacteria dan perbedaan struktur tubuhnya.
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
·         Guru mengamati dan memberi penilaian



C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Guru memberi tugas mengerjakan uji kompetensi sebagai PR
·         Guru menginformasikan materi pelajaran yg akan datang yaitu Struktur tubuh bakteri dan macam-macam bentuk bakteri.
Pertemuan 10
A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengetahuan siswa tentang pelajaran yg telah lalu
B.  Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru memeriksa kelengkapan bahan dan alat untuk eksperimen/percobaan
·         Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam melakukan eksperimen
·         Siswa melakukan eksperimen sesuai dengan petunjuk guru yg terdapat dalam Lembar kegiatan siswa.
·         Guru mengamati dan membantu kesulitan siswa dalam melakukan eksperimen
·         Guru memberi penilaian mulai dari persiapan sampai hasil akhir eksperimen
·         Siswa mendiskusikan hasil eksperimen dalam kelompok
·         Siswa membuat laporan hasil eksperimen
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Guru menugaskan siswa membuat gambar bentuk-bentuk bakteri
·         Guru menginformasikan materi ajar yg akan datang  yaitu reproduksi bakteri dan peranannya bagi    
kehidupan.
Pertemuan 11
A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengetahuan siswa tentang pelajaran yg telah lalu
B.  Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru menjelaskan secara singkat reproduksi bakteri
·         Siswa mencari informasi dari buku,buletin atau internet mengenai reproduksi bakteri dan peran bakteri bagi kehidupan.
·         Siswa mendiskusikan hasil temuan mereka dengan teman sebangkunya
·         Guru mengamati dan membantu kesulitan siswa
·         Guru memberi penilaian
·         Siswa melaporkan hasil diskusinya
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi sebagai PR
·         Guru menginformasikan materi ajar yg akan datang  yaitu Kingdom Protista
V. Alat/Bahan/Sumber
     Alat : 
     Mikroskop, gelas benda, gelas penutup, pipet tetes, pembakar spritus, plastik cetakan agar-agar/jeli dan 
     penutupnya.
     Bahan  :  bubuk agar-agar/ jeli, air, metilen blue, tusuk gigi
     Sumber  :   -  Buku Kerja Biologi  Xa, Viva Pakarindo
           -  Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
                        -  Buku Biologi kelas X, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
                        -  Buku Biologi X Grassindo
                        -  Internet
    VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan bakteri
·         Uji kompetensi tertulis
Soal/Instrumen
1Jelaskan ciri-ciri Eubacteria dan Archaebacteria !
2.  Jelaskan perbedaan Eubacteria dan Archaebacteria !
3.  Gambarkan struktur tubuh bakteri !
4.  Gambarkan bentuk macam-macam bakteri !
5.  Jelaskan reproduksi Eubacteria dan Archaebacteria !
6.  Jelaskan peranan Eubacteria dan Archaebacteria dalam kehidupan !
Lembar Kerja Siswa
Pengamatan Bakteri
A.  Tujuan :  Mengenal bentuk bakteri
B.  Alat dan bahan
Alat :  Mikroskop, gelas benda, gelas penutup, pipet tetes, pembakar spritus, plastik cetakan agar-agar/jeli  
           dan  penutupnya.
Bahan  :  bubuk agar-agar/ jeli, air, metilen blue, tusuk gigi.
C.  Langkah kerja
1.       Buatlah jeli pada cetakan plastik tertutup
2.       Setelah jeli membeku, bukalah tutup cetakan dekat tempat sampah selama 5 menit, tutup kembali dan simpan selama 24 jam.  Pada permukaan jeli akan tumbuh koloni bakteri berlendir.
3.       Ambil dengan tusuk gigi permukaan agar-agar yg berlendir, letakkan pada gelas benda.
4.       Tetesi gelas benda dengan metilen blue, kemudian bakar diatas spritus tetapi jangan sampai gosong.
5.       Tutup dengan gelas penutup, amati dibawah mikroskop.
6.       Gambarlah hasil pengamatan, tuliskan pada table berikut :
No
Gambar Bakteri
Nama Bakteri
Bentuk Bakteri
Ciri khusus
1




2




dst





Penilaian untuk Praktikum Pengamatan Bakteri
No
Aspek yg dinilai
Nilai Maksimum
1
2
3
4
5
6
Pengaturan alat dimeja kerja dengan benar
Melakukan langkah kerja sesuai dengan urutan
Menggunakan peralatan dengan benar
Menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar
Laporan hasil praktik
Daftar rujukan / referensi
10
30
25
10
15
10
Jumlah
100

Contoh Uji Kompetensi
1.  Bakteri umumnya bersifat heterotrof, tetapi bakteri ungu mampu melakukan fotosintesis, karena             
      bakteri ini mempunyai...................
      A.  Klorofil                                      C.  Bakterio purpurin             E.  Xantofil
      B.  Bakterioklorofil                         D.  Antosianin  
2.  Bakteri yg menyebabkan penyakit kolera mempunyai bentuk........................
      A.  Vibrio                           C.  Spirilum                        E.  Streptococcus    
      B.  Coccus                          D.  Bacillus
3.  Diantara bakteri-bakteri berikut ini yg menyebabkan penyakit raja singa adalah........
     A.  Mycobacterium leprae                          C.  Treponema pallidum         E.  Neisseria gonorrhoaeae
     B.  Pasteurelia pestis                                  D.  Salmonella typosa
4.  Untuk menjamin kehidupannya tidak semua bakteri memerlukan.........
      A.  Karbon                         C.  Nitrogen                         E.  Karbondioksida
      B.  Oksigen                        D.  Hidrogen
5.  Pembuatan Nata de coco memanfaatkan bakteri......
      A.  Acetobacter                         C.  Lactobacillus casei              E.  Streptomyces griceus
      B.  Rodospirilum                       D.  Acetobacter xylinum
6.  Persamaan bakteri dengan Cyanobacteria adalah ........
      A.  Tidak memiliki membran inti              C.  Membentuk hifa               E.  Hidup autotrof
      B.   Mengandung fikosianin                       D. Hidup berkoloni  
7.  Vaksin TCD digunakan untuk mencegah penyakit ............
     A. Kolera                                C.  Disentri                 E.  Tifus
     B.  Tuberkulosis                      D.  Difteri
8.  Sel khusus pada Cyanobacteria yg mengalami perbesaran dan penebalan dinding disebut...........
     A.  Hormogonium                     C.  Heterokista                   E.  Gametangium
     B.  Aplanospora                        D.  Fragmentasi
9.  Bakteri nitrat merupakan bakteri autotrof karena dapat hidup...........
     A.  tanpa oksigen                   C.  tanpa cahaya              E.  Menggunakan cahaya sebagai sumber energi
     B.  dari zat organik                D.  dari zat anorganik
10. Kandungan spesifik dinding sel bakteri adalah...............
      A.  Kitin                         C.  Pektin                 E.  Peptidoglikan
      B.   Lignin                      D.  Selulosa


Kunci  Jawaban
1.   A                       6.   B
2.   A                       7.   E
3.   E              8.   C
4.   B                       9.   E
5.   D                       10. E

      



     




Mengetahui                                                                                                          Pengandonan, Juni 2012
Kepala SMA N 6 OKU                                                                                       Guru Mata Pelajaran,





Wahyu Eko Romadhon, S.Pd,M.M.                                                             Yunis Andriani, S.T.P


0 komentar:

Poskan Komentar